Guide Dark Summoner Level 50 PvE

Bookmark and Share
Saya skip pembukaannya, lgsg aja ke overview.

Dark Summoner adalah job lanjutan dari Screamer. Seperti halnya Screamer, Dark Summoner mengandalkan attribut Dark Atk, malah Dark Atk Kali paling maximal di job ini dibandingkan dengan job yang lain(Soul Eater).

Kelebihan Dark Summoner :
Massive Dark Atk bonus (Sadism Pleasure).
HP Absorb buff (Sadism Pleasure).
Wide AoE (Revenge,Rampage, Chaos Formation).

Kekurangan Dark Summoner : 
Dark Atk, Dark Atk... Banyak mobs yg tinggi resist Darknya sampe cap 60.

Langsung aja ke skill build :

Kali :
Skill2 pasif yg wajib max rasanya ngga perlu dijelasin. 

Despair Needle : Lvl 11 for enhanced dmg. Ini salah satu skill spammable, decent AoE, decent dmg, multiple hit, fast CD. Ditambah dengan SA Break yg decent juga. Bagus untuk stream dmg tanpa terputus.

Spirit Blow : Lvl 1. Kenapa? Kok gak max-in Despair aja? SA Breaknya, thats why. Spirit Blow dmgnya fisik, jadi gak perlu max kalo km mau jadi Screamer. Diambil hanya karena High SA Breaknya. Penting untuk Raid Nest GDN(Pillar breaking).

Negative Ghost : Gak usah ambil skill ini, CD lama, dmgnya juga gak worth dibanding dengan Despair Needle. Save your SP.

Phantom Guard : Buff. Increase SA party, reduce dmg, reduce MP cost dari skill. Max this.
Screamer
Disini sedikit rumit. Kali adalah char yg mengandalkan chain dari skillnya untuk dmg output dmg yg maximal, Screamer lebih rumit daripada Dancer dalam hal ini. Banyak skillnya yg mengandalkan "combo". Klik kiri setelah action ini, klik kanan setelah begitu. Keuntungannya? Hemat shortcut skill. Kerugiannya? Susah buat newbie yg baru belajar DN. Bayangkan Acro dengan Dark Atk, itulah Screamer.

Skill yg didalam kotak putih = Key DPS km sebagai Dark Summoner.

Phantom Claw : 4 hit, Dark Atk, mid-ranged(long range setelah EX), decent SA Break(High SA Break setelah EX), Fast CD. Max this. Ini skill pembuka combo km sebagai Dark Summoner.

Chain Claw : Trigger dengan klik kanan setelah Phantom Claw. Chain Claw = Final hit Ice Shard EX Elestra, tanpa efek beku. High SA Break, lift up target, insta cast, decent dmg. Untuk yg suka PvP, direkomendasikan untuk max skill ini. Skill ini berkurang CDnya di lvl 6  dan lvl 11. Untuk PvE, biarkan saja di lvl 1.

Revenge Hand : "Black Hole EX" versi Screamer. Wide AoE, High Dmg, insta Suction efect. Tidak seperti Blackhole yg lama nyedot musuh ketengah, begitu kena "tangan" dari skill ini, target lgsg disedot ketengah. Cocok untuk dichain dengan Beast Spirit.

Rampage Claw : Very High SA Break, Huge AoE, High Dmg, Stun. Sayangnya cooldownnya 30s, terasa cukup lama untuk chain skill. Max this, dibutuhkan dmgnya untuk ngasih DPS extra.

Beast Spirit : Wide AoE, Cursing, High Dmg, High SA Break. 1 1nya skill jalur kanan yg bisa dichain ke skill2 jalur kiri. Use it wisely.
Note : Beast Spirit ngga ada image di Skill Calc, sepertinya ada error. Beast Spirit = skill dibawah Soul Gate.

Skill didalam kotak hijau  = Curse skill. Skill2 ini efeknya diperkuat tergantung dengan ada tidaknya "Branded/Imprinted" target dimap(akan dijelaskan nanti).

Spirit Paper : Decent dmg, decent SA Break. Biarkan aja di lvl 1.

Cling Snake : Skill yg memberikan efek slow ke target yg terkena. High Dmg kalo kesemua snakenya kena(3 ekor, mesti close range). Bayangkan "Splash"nya Shooting Star, tapi ditanah, dan ngasih efek slow.

Soul Gate : "Tower" versi Screamer. Decent dmg, piercing, long range, multiple hit. Tanpa EX, dmg dari Soul Gate kurang worth untuk dinaikin, jadi saya biarkan di lvl 1.

Skill didalam kotak kuning : Branding/Imprinting atau dalam bahasa yg mudah dimengerti "santet". 

Stigma of Curse : Lempar Talisman kedepan. Bisa lempar 2 Talisman di lvl 6, tapi saya biarkan di 1. Decent SA Break, Decent dmg, single hit, Branding target. Skill pembuka untuk "santet", target yg terkena skill ini akan ada efek "eye". Itu artinya target kena "Imprinted". Target yg ter "Imprinted" kena efek tambahan kalo kena skill berikut :

- Spirit Paper : Kena tambahan 1 dmg Spirit Paper(normalnya cuma 4, dalam efek "eye" jadi 5).
- Ghost Scream : Talisman increase by 1. Ghost Scream = skill yg trigger dengan Tumble + klik kanan. Kali hentak kaki ditanah nyebarin Talisman kesemua arah. Slow debuff buat yg terkena Talisman.
- Soul Gate : Jumlah hantu yg keluar dari gate +1.

Summon Puppet : Ini skill paling annoying di PvP, dan berguna untuk fast kill di Nest. Sayangnya, durasi puppet untuk target berukuran besar(dominan boss di Nest ukurannya besar) cuma bertahan kurang dari 7s. Untuk mengaktifkan skill ini, harus ada target yg ter "Imprinted" (kena hit Stigma of Curse). Akan keluar boneka dengan sinar kuning, dmg ke boneka = dmg ke target yg "Imprinted" + xx%. Kalo km bisa rapetin target dengan boneka maka dmgnya diterima target = 200%+(kena direct hit, dan kena dmg dari Puppet hit). Very annoying skill di Ladder.

Skill didalam kotak ungu : Supportive Buff.

Grudge Formation : Skill ini menull-kan SA Break dari musuh yg ada didalam formasi(jadi km ataupun party gak akan stagger/kecancel skillnya). Increase atk xx%(tergantung lvl skill). High DoT(damage overtime, seperti poison). Mostly boss di GDN udah koid sebelum efek Grudge Formation abis. 

Increase Soul : Self Buff. WARNING. Skill ini terus menerus nyedot HP km untuk menambah matk. Merugikan? Nope. Dark Summoner punya buff HP Drain. Kombinasikan dengan Sadism Pleasure for max potential.

Single Ulti : Phantom Avenger. Bayangkan Divine Avatar/God Within Paladin + Spirit Boost Acro. You got this. Ulti ini mempercepat action speed, invincible, dan ngurangi cooldown skill.

Dark Summoner :
Ngga banyak yg bisa dijelasin selain max-in semua skill disini.

Sadism Pleasure : HP Drain buff, increase dark atk juga. Spam kapan pun bisa dipake atau kombinasikan dengan Increase Soul.

Chaos Formation : Nuke Skill. High Dmg, High SA Break, Huge AoE. Kekurangannya, km diem ditempat selama skill ini aktif. Kombinasikan dengan Phantom Avenger untuk Max potential.


Skill Heraldy :
Rampage Claw : Increase Damage.
Revenge Hand : Increase Damage.
Chaos Formation : Increase Damage.
Beast Spirit : Increase Damage.
or 
Chaos Formation : Increase Defense(wuut? try it :D )

Suffix :
Suffix di Dark Summoner saya juga ngepump Crit, maka :
Head(Int)
Upper(Wind)
Lower(Wind)
Gloves(Will)
Shoes(Int)
Dengan suffix begini, Crit dari DS gak terlalu crippled. Dengan tambahan boost dark atk, dmg yg dihasilkan udah "wow".

Weapon(Int)
Secondary(Tent)

Suffix Int diweapon bertujuan untuk mengurangi resist target, Tent di Secondary untuk mengurangi Mdef target. Kalo kedua Suffix Trigger ketarget, dmg km bisa lebih "wow" lagi. Gunakan Despair Needle(Multiple hit skill) supaya efek Suffix bisa lebih besar kemungkinan Trigger.

Harap diingat, semua skill di Screamer -> Dark Summoner adalah Dark Atk. Build terbagus untuk DS? Max-in dark atk km. 
Potent diweapon dan sub lebih bagus : Agi Int DarkAtk.
Upper dan Lower pake Wind untuk ningkatin Crit km. 
Twilight Manticore set dengan ring potent : Agi Int DarkAtk.
Dan liat dmg yg "outstanding" dari Dark Summoner.



{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.