Guide Blade Dance level 50 PVE

Bookmark and Share
Karena banyaknya yg request untuk build Blade, so here it is.

Banyak yg tanya, "Blade Dancer itu seperti apa sih?(or Spirit Dancer seperti apa)?"
Kalo mau melihat class-class sblomnya sebagai referensi "seperti apa", maka Blade Dancer = Acro + Gladiator, tanpa stance dan skill magic atk tentunya. Blade Dancer bisa "cancel" skill atau movementnya, sama seperti Gladi, untuk counter dengan dmg yg tinggi, disertai iframe.

Kali Skill :
Tidak ada perbedaan disini dengan build Spirit Dancer. 
Karena serangan Dancer = Patk, maka skill yg saya focus naikin juga cuma skill2 fisik.

Dancer Skill :

Saya akan jelaskan focus skill build disini, dan kenapa dinaikkan. 

Graze Dance lvl 6 : Overall, dmgnya di PvE maupun PvP terlalu minim. Tapi aftercast dari skill ini yg berguna. Ditempat km cast akan tertinggal "Blade" dari putaran chakram. Decent SA Break, multiple hit, sangat cocok untuk dikombinasikan dengan Estatic Part 1 Ghoul + Sufi Dancer.

Breeze Call Dance lvl 8 : Skill buff wajib, Increase FD km sebanyak 50%(hanya untuk skill jalur kiri), share cooldown dengan Illusion. Sebagai Blade Dancer, skill ini wajib km max-in.

Deadly Drill/Refreshing Screw lvl 8 : Multiple hit, High Damage, High SA Break. Skill yg wajib km ambil untuk mempercepat DPS km. 1 1nya skill di jalur kiri yg action time cepat dan dmg tinggi.

Elegance Storm lvl 8 : Max this, skill penting untuk DPS, High dmg, High SA Break, decent AoE. Kekurangan dari skill ini cuma di action timenya.

Estatic Dance Part 1 lvl 3 : Max this, skill support km sebagai Dancer. Klik kanan untuk Healing buff, Klik kiri untuk Ghoul Dance. Ghoul Dance memberi debuff yg sama dengan Bone Crash secara AoE(luas), dengan damage yg hampir 2x lebih baik dari Bone Crash.

Estatic Dance Part 2 lvl 2 : Max this, ini skill support buff yg paling diperlukan dari Dancer untuk Raid Nest. Memberi party buff dengan efek yg sama seperti Finish Attack Gladiator. Durasi buff : 2s refreshed terus selama 15s.

Sufi Dancer lvl 8 : Multiple hit, High dmg(asumsi close range, semua Sufi ngehit), High SA Break(krn rapid multiple hitnya). Skill yg paling cocok untuk dikombinasikan dengan Estatic Dance Part 1 Ghoul.

General Dawnblade lvl 7 : Max this. DPS Skill km, menurut saya secara overall, skill ini lebih baik daripada Elegance. High Dmg, High SA Break, action time yg lebih cepat daripada Elegance membuat skill ini jadi pilihan untuk "fast kill" di Raid Nest.

Single Ulti Inner Fire : IMHO, ulti terbaik dari class Dancer. Dibanding dengan Storm of Ewinia yg cast timenya lama, Inner Fire insta cast. Bayangkan Divine Rage Acro dengan efek suction.

Pertanyaan yg sering muncul :
Q : "Kenapa ngga naikin Twinkle Spin/Sweet Circle? Kan damagenya gede tuh?"
A : Nope. Perhitungan dmg saya adalah secara DPS, DPS = Damage per second, makin lama action/cast time suatu skill makin turun nilai DPSnya, jadi percuma kalo damagenya hanya selisih sedikit dengan skill lain yg action speednya cepat. Twinkle Spin dan Sweet Circle terlalu "banyak gaya". Lebih baik Deadly Drill, singkat tepat padat.

Q : "Sufi Dancer? Ngapain, itu kan skill Spirit Dancer?"
A : Damage Sufi Dancer tanpa buff Illusion Dance pun sudah besar. Multiple hit dan hit areanya yg makin lama makin besar itu membuat skill ini jadi skill yg wajib dispam saat lawan boss2 ukuran besar, terutama Raid Nest. Oh ya, cooldownnya juga cepat. 

Q :"Kenapa gak ambil Estatic Part 3?"
A : Kali = DPS, kecuali terpaksa gak perlu pake Estatic Dance yg healing. Part 3 sangat tidak kepake di Raid Nest, lebih bagus pake Part 1 Ghoul atau Part 2. Thus, Part 3 gak saya sentuh sama sekali.

Blade Dancer Skill :
Well, gak banyak yg bisa dijelasin disini selain max semuanya.

Squal Flaker lvl 2 : Canceler Skill. Sama seperti Eva Slash Gladiator. Bedanya, dmg dari Squall Flaker itu 2x, AoE lebih luas, High SA Break. Pake skill ini disela2 skill yg action timenya lama. Sayang cooldownnya cukup lama. 20s untuk Canceller skill terasa kurang "spammable". Still, a good skill to use.

Hurricane Gust/Gust Dementia : Banyak yg bilang ini skill DPS utama sebagai Blade Dancer. Well, menurut saya sih kurang. Skill ini punya TOTAL dmg yg sangat tinggi. 2000% + dengan cooldown 32s. Kekurangannya, seperti yg saya blg "total", artinya semua hit dari skill ini harus masuk, baru bisa menghasilkan dmg yg tinggi. Skill ini punya Action time yg lama, sama seperti Elegance Storm. Karena lamanya itu, kadang gak sampe habis skillnya udah mesti di Cancel dan sambung dengan skill lain yg lebih cepat Action skillnya, General Dawnblade misalnya, demi nilai DPS yg tetap tinggi. High Damage, Very High SA Break, High SA Bonus, Straight line AoE(AoE garis lurus, tapi bisa diarahkan setelah cast).

Heraldy Skill :
Elegance Storm : Increase Damage.
General Dawnblade : Increase Damage.
Hurricane Gust : Increase Damage.
Sufi Dancer : Increase Critical.

Suffix :

Suffix Build untuk job cabang dari Dancer sangat flexibel. Km bisa full Bear, ngejer Para,karena skill jalur kiri punya Para chancenya lebih tinggi(Elegance Storm,Sweet Circle atau Graze Dance EX) atau Full Wind, bisa juga campuran keduanya. Yang mana saya lebih prefer, demi damage yg stabil.
Head (Bear)
Upper (Wind)
Lower (Wind)
Gloves (Will)
Shoes (Bear)
Weapon(Wind)
Secondary(Iron Wall)

Enhancement Heraldy yg km pasang ke Blade Dancer, sama seperti ke Gladiator. Focus utama stat : STR dengan menaikkan Agi untuk Critical.
Bear,Wind,Ultimate,Health,Life Vit,Destruction,Fatal,Iron Wall/Shining.

Acc untuk Blade Dancer disarankan yg punya bonus FD dan Crit tinggi. Dalam hal ini War Immortal Set.

Note :
Memakai Blade Dancer tidak semudah Spirit Dancer, dominan skill Spirit Dancer adalah "explosive", maksudnya begitu cast, dmg lgsg terasa tanpa perlu nunggu semua hit masuk. Blade Dancer punya damage yg "wow". Lebih besar dari Spirit Dancer, tapi HARUS semua hitnya masuk. Thus, menyebabkan nilai DPS dari Blade Dancer, sedikit dibawah Spirit Dancer. Selain dari itu, semuanya sama. Temukan playstyle sendiri untuk maximal DPS.

Kalo saya, prefer ke combo ini :
Deadly Drill -> Graze Dance EX -> Sweet Circle, spasi(cancel) ->General Dawnblade -> Sufi Dancer -> Hurricane Gust -> Elegance Storm(cancel, bila perlu).

Dengan buff Fast Forward/Beyond Time. Semua skill diatas bisa dilakukan terus menerus. Bagus untuk Fast Kill di Raid Nest. Ah, jgn lupa Estatic Part 2 dulu sblom combo diatas :D



{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.